Tahukah Engkau Aku Cemburu?

Akhir-akhir ini aku cemburu pada burung yang bernyanyi riang walau dia hanya di dahan sendiri, dan kadang bila ada temannya, kicaunya pasti bersambut dengan kicau yang tak kalah merdunya. aku sering membayangkan bila kehidupanku sebebas burung dan seakrab mereka, pasti aku tidak akan betah untuk terus menutup diri di kamar seperti ini. Atau menyendiri di tengah hiruk pikuk.

image

Dulu, aku pernah cemburu pada ulat yang bisa diam dan sangat tenang, tak pernah mengeluh dan terus tekun berusaha membuat kepompong untuk bermetamorfosis, aku waktu itu cemburu kepadanya karena keadaanku yang sangat sibuk hingga lupa pada diri sendiri, aku sangat cemburu dengan keuletan dan fokus si ulat yang terus menerus tanpa lelah mengerjakan apa yang jadi tugasnya.

Pernah juga aku cemburu pada kuda yang gagah, tapi tetap mau melayani tuannya, ia yang gagah perkasa dan bisa lari dengan kencang serta kuat itu tetap rendah hati dan memilih untuk mengabdi menarik kusir atau ditunggangi oleh tuannya. ia menyerahkan semua yang ia miliki demi kenyamanan tuannya. mereka jarang mengeluh, hanya kadang sedikit meringkik. padahal seharusnya dia bisa bebas dan bisa mengalahkan tuannya kalau dia mau.

Lantas, aku juga cemburu pada semut yang selalu berkoloni dan saling membantu dalam bekerja mencari penghidupan, keramahan dalam bertegur sapa ketika bertemu, rasa saling mengasihi dan menolong yang mereka miliki sangat membuatku cemburu. Apalagi sifat percaya dirinya, walaupun dia tahu dia lebih kecil dari sebagian besar makhluk lainnya yang kasat mata.

Dan aku pernah cemburu dengan lebah. Kesetiaannya dan cara mereka mengorbankan segalanya demi sang ratu. kepatuhan yang tak tertandingi dan kerja keras yang sampai menghasilkan obat yang mujarab bagi manusia dengan rasa manis.

Ah! Masih banyak cemburuku pada semua ciptaan Tuhan. Mereka lillaah dalam melakukan segala yang menjadi tugasnya, tanpa pamrih dan hanya sekedar lakukan saja.

Dari mereka satu hal yang kudapat: untuk Taat Tak perlu banyak berpendapat, lakukan saja dengan penuh khidmat.

image

(eL – 13022014 – 11.35 pm – Konstalasi Orion)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s