Salam

 

 

 

Kali ini, mau sharing tentang salam. Yap, ini bukan daun salam yang mengharumkan masakan, tapi tentang sapaan salam yang sering kita ucapkan kepada siapa saja di manapun dan kapanpun. Namun dalam penulisan kata salam ini, banyak kita jumpai berbagai versi mulai dari “As”, “Ass”, “Akum”, “Askum”, “Ass. Wr. Wb”, “Mikum”, “Samlekom” dan masih banyak penyingkatan salam dengan berbagai gaya dan bahasa gaul… Tahukah engkau, bahwa itu semua ada yang tidak memiliki arti dan ada yang memiliki arti lain lho…
Padahal salam dalam Islam (Assalaamu’alaikum /ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ / as salamu `alaykum) adalah sebuah sapaan yang di dalamnya terdapat doa keselamatan, Assalamu’alaikum ini artinya adalah semoga keselamatan tercurah kepadamu (terselamatkan dari segala duka, kesulitan dan nestapa). Mungkin niatnya mau ngirit ngetik ternyata kata-kata tersebut memiliki arti lain yang mengubah makna salam tersebut.
Coba bandingkan…
Assalaamu’alaikum = Semoga keselamatan tercurah atas kamu.

“As (dalam bahasa Inggris)” malah memiliki arti “sebagai”.

“Ass (dalam bahasa Inggris)” memiliki arti yang sangat parah yaitu keledai, orang bodoh dan (maaf) pantat.

“Akum (gelar untuk orang-orang yahudi)” adalah singkatan dari “Avde Kokhavim U Mazzalot” yang artinya “Hamba-hamba binatang dan orang-orang sesat”.

Ass. Wr. Wb. dibandingkan dengan Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Ass = lihat keterangan atas.
Warahmatullaahi = Dan rahmat Allah (tercurah atas kamu juga)
Wr = tidak di ketahui maknanya

Wabarakaatuh= Dan Berkah Allah (selalu tercurah atas kamu juga)
Wb = tidak di ketahui maknanya

Mikum = tidak diketahui maknanya

Samlekom = matilah kamu (dengar kata orang sih itu artinya).

Jelas sekali penyingkatan yang tertera diatas sangat jauh dari makna doa keselamatan dalam “Assalaamu’alaikum”. Padahal Imam Nawawi, nabi besar kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa sallam telah mengajarkan kita cara salam sesama umat islam dengan 3 ucapan salam, yaitu :

  1. Assalaamu’alaikum ( ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ )
  2. Assalaamu’alaikum Warahmatullaah (ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ)
  3. Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh (ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪُ)

 

Nah sekarang bagaimana dengan jawaban salam?

Apabila seseorang mengucapkan salam pada kita maka wajib bagi seorang muslim untuk menjawabnya. Nah… beberapa waktu yang lalu, saya menjawab pesan inbox, ternyata ada yang nanya “Jawaban salam yang benar itu Wa’alaikumsalam atau Wa’alaikumussalaam ya?”

jeng jeeeeeng…. Ternyata jawaban yang benar adalah Wa’alaykumussalaam.
Keumuman yang kita dengar, seringkali seseorang menjawab salam dengan WA’ALAIKUM SALAM. Pelafalan seperti ini kuranglah tepat, seharusnya WA’ALAYKUMUSSALAAM.

Coba lihat bahasa arabnya ~> ﻭَﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ
Karena dari segi hukum baca secara tajwid itu salah, lafal ASSALAAM ﺍﻟﺴﻼﻡ disertai  “AL” (alif laam), hamzah pada lafal AL merupakan hamzah washal yang ketika dibaca washal/tidak waqof menjadi tetap tidak berharakat sehingga mengikuti harakat huruf sebelumnya yaitu Dhamah pada huruf Mim lafal WA’ALAYKUMU. Ketika huruf mim bertemu dgn alif laam, maka kata tersebut digabung pengucapannya sehingga menjadi Wa’alaykumussalaam. (Kira-kira begitulah, maaf jika penjelasannya ada yang salah karena kurang pandai menerangkannya, bagi yang bisa membantu menerangkan silahkan bantu dalam komentar).

Jadi  lunas ya janji saya. Mulai sekarang gunakanlah bahasa yang benar dalam menjawab salam dengan WA’ALAYKUMUSSALAAM dan lebih lengkap lebih baik, Wa’alaykumussalaam Warahmatullaahi Wabarakaatuh. ( ﻭَﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪُ )…

Jika ingin pengucapan dan penulisan salamnya bernilai ibadah maka mulailah dari sekarang untuk mengubah kebiasaan lama dengan lafaz dan penulisan salam yang benar…

MEMANG SEMUA TERGANTUNG PADA NIATNYA. TAPI ALANGKAH INDAHNYA, JIKA NIAT BAIK DILAKUKAN DENGAN CARA YANG BENAR. Mari memulai untuk menebarkan salam.

 

(Konstalasi Orion – 20052014 – 08.15 pm)

Advertisements

One thought on “Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s